Cara Mudah Install Mikrotik di Virtual Box

Mikrotik RouterOS  Merupakan Sistem operasi yang diperuntukkan sebagai network Router.Mikrotik ini sangat banyak digunakan untuk menjadikan komputer biasa menjadi Router Network yang handal,ada berbagai fitur dalam Mikrotik yaitu Firewall & Nat, Routing, Hotspot, Point to Point Tunneling Protocol, DNS server, DHCP server, Hotspot, dan masih banyak lagi fitur lainnya.

Mikrotik Ini sengaja dibuat simple agar para pengguna mudah menggunakannya, Administrasiannya bisa digunakan melalui windows application (WINBOX).Mikrotik adalah sebuah perusahaan kecil berpusat pada Latvia dibentuk oleh John Trully dan Arnies Riekstins pada tahun 1996 dengan sistem linux dan MS-dos yang dikombinasikan dengan Teknologi Wireless Lan dan Wlan.

Mikrotik benar-benar sangat handal dan terpecaya terbukti dengan banyaknya pengguna yang menggunakannya contohnya seperti biasa kita temukan pada Kantor-kantor Besar dan sebuah Cafe .
kita sering bermain di Cafe dan disaat kita ingin bermain Internet kita harus Login Terdahulu . Itulah Mikrotik . 

Dan sekarang kita akan mempelajari cara penginstalan Mikrotik melalui Virtual Box, Virtual box adalah sebuah perangkat lunak Virtualisasi yang digunakan untuk Mengeksekusi Sistem Operasi secara virtual. Virtual box sangat cocok buat kita para pelajar jika ingin melakukan Uji Coba instalasi sistem Operasi tanpa menghilangkan sistem yang ada.

Baiklah Guru Muda Ini akan Mengajarkan pada kalian Cara Instalasi Mikrotik melalui Virtual Box, tidak usah takut kehilangan sistem anda karena ini hanyalah Simulasi hanya menggunakan beberapa RAM dan Isi Hardisk. tanpa menghapus Sistem.

Berikut Cara Instal Mikrotik Melalui Virtual Box

  • Pertama Silahkan siapkan Sistem Operasi Mikrotik dan Virtual Box di Komputer anda jika belum anda silahkan Download di Link Dibawah 
  • Setelah itu silahkan Anda Instal Virtual Box dan jalankan Virtual Box lalu klik New.

  • Setelah Klik New Maka akan tampil pilihan apakah ingin menginstal Windows atau yang lainnya tapi disini kita akan Menginstal Mikrotik Maka pada type pilih Linux dan version Other Linux

  • Lalu setelah Itu Klik Next , maka kita akan diantar pada proses pilihan Jumlah Ram Yang akan digunakan Tenang saja Ram anda hanya sementara digunakan jika kita akan telah memakai Sistem Operasinya jadi jika kita sudah mematikan sistem operasi virtualnya Maka Ram kita akan kembali seperti Semula.

  • Setelah kalian Mengatur Ram silahkan Klik Next, dan langsung Create saja.

  • Setelah itu kita akan disuruh pilih type Hardrive kita pilih VDI . dan Next

  • Lalu setelah itu kita Pilih Dinamically allocated setelah itu Next. 

  • Nah selanjutnya kita akan masuk proses Jumlah Hardisk sama seperti Ram hardisk kita juga akan digunakan hanya sementara jadi pilihkan jumlah hardisk minimal 8gb lalu create

  • Nah proses telah selesai sekarang tinggal kita masukan OS Mikrotik yang telah kita download tadi silahkan pilih Settings lalu pilih Storage. 

  • Setelah masuk di menu storage silahkan Klik Empty di attributs kita klik gambar CD yang ada disebalah kanan dan silahkan cari di mana anda menyimpan Os Mikrotik Anda. 

  • Setelah anda masukkan OS nya silahkan pilih Oke dan silahkan jalankan Mikrotik Anda dengan Klik Start Maka proses Instal akan dimulai dan diawali dengan tampilan Berikut.

  • Setelah ketik "A" untuk memilih semua package kita pilih semua karena semuanya digunakan untuk membuat sebuah RouterOS. Lalu Ketik "I" Untuk menginstal Package.
  • lalu setelaha kita ketik maka kita harus menyetujui penginstalan dengan ketik "Y".  dan lalu ketik "Y" lagi untuk Continue. lalu silahkan tunggu maka akan minta reboot maka tekan "ENTER". setelah reboot tekan "F12".

  • Setelah selesai dan telah reboot dan juga sudah kita ketik "F12" maka akan masuk pada Menu Login Mikrotik . 

  • Kita login dengan ketik "Admin" tanpa password silahkan tekan enter 3x Maka Proses Instal telah selesai kita sudah bisa mengoperasikan Mikrotik . dan untuk mengoperasikannya kita harus menghafal Perintah dasarnya . 


Demikian Tutorial Menginstal Menginstal Mikrotik Di Virtual box , saya harap anda mengerti dan mengetahui caranya saya bertujuan untuk memajukan anak Bangsa dari pembaringan agar dapat membangun bangsa Maka dari itu Jejak Guru Tekno akan memberikan yang terbaik Untuk kalian.. 

Silahkan Berikan Komentar Anda jika Artikel Ini bermanfaat untuk kalian masukan dari kalian yang saya tunggu maka berikanlah masukan untuk menyempurnakan Ini. 















Komentar