6 Perintah Windows Berguna Yang Harus Anda Ketahui

CMD Commands you should know


Command Prompt atau yang kita kenal sebagai terminal Sistem Operasi Windows ini memiliki banyak jenis perintah didalamnya tapi kita tidak perlu mengetahui semuanya kita hanya perlu mengetahui yang dapat berguna dalam keseharian atau perintah terpenting nya saja itupun sudah cukup tetapi kalau kalian ingin mengetahui semuanya itu boleh-boleh saja itu malah bagus untuk kita sendiri.

Sistem operasi Windows memiliki banyak perintah didalamnya yang dapat kita gunakan pada command Prompt semua perintah itu jarang diketahui orang-orang karena ktia hanya terbiasa menggunakan Desktop saja dalam mengakses PC kita karena memang itu mempermudah kita ngapain kita ketahui jika sudah ada yang membuat kita nyaman menggunakannya .

Tapi tahukah kalian , Terdapat banyak orang yang tidak tahu menggunakan Windows alasannya dikarenakan dia terbiasa menggunakan perintah-perintah untuk mengakses sebuah komputer atau bisa kita sebut dengan Linux Users.

Orang-orang seperti itu biasanya memiliki kemampuan otak yang spesial dan tidak dimiliki oleh orang banyak pada umumnya otak mereka hanya merespond sebuah teks itu adalah seorang Developer baik itu Software developer maupun Website Developer atau dalam jaringan mereka juga disebut Administrator jaringan. Orang seperti mereka itu kerjaannya hanya mengetikkan perintah untuk mengembangkan sesuatu contohnya adalah Smartphone kalian. Smartphone kalian itu bisa beroperasi dikarenakan mereka para developer.

Mungkin kalian akan bertanya , Apa sih bedanya Programmer dengan Developer ? . Jawabannya singakt yaitu Developer itu adalah soerang programmer yang sudah terlatih dia bukan hanya menyelesaikan sebuah masalah tapi juga dia dapat membuat produk mereka sendiri yang dapat mereka buat dengan mudahnya.

Kembali ke Command prompt terdapat banyak perintahnya yang dapat berguna untuk kita tapi dalam Artikel kali ini saya akan memberikan perintah yang paling berguna dan harusnya semua orang tahu perintah ini .

1. IpConfig : Menemukan Ip Address Dengan Cepat

Mungkin kalian akan mengatakan "bukannya bisa kita dapatkan dengan masuk ke Control Panel" . Itu juga tidak ada salahnya tapi itu dapat memakan waktu walaupun sedikit waktu kita terambil tapi kan sama saja kita buang waktu ingat waktu itu adalah Emas. Seperti yang saya ucapkan sebelumnya Perintah itu mempermudah kita dalam bekerja dan dengan perintah IPCONFIG kita tidak perlu klik sana klik situ lagi semua informasi IP kita akan tampil pada Command Prompt.

IpConfig pada dasarnya hanya menampilkan Informasi dasar saja tapi jika kalian ingin mengetahui kalian beserta host kalian sendiri atau lebih detailnya info tentang Network kalian bisa kalian tambahkan /all setelah IpConfig " IpConfig /all".

Ada lagi perintah IpConfig yang ini fungsinya jika kalian telah mengubah DNS kalian dan belum terjadi perubahan pada DNS nya maka kalian memerlukan perintah ini yaitu IpConfig /flushdns. Dengan perintah tersebut secara otomatis akan menerima Ip DNS baru yang telah kalian masukkan .

Ingat yah teman-teman pada command prompt tidak boleh menggunakan Huruf kapital disini saya menggunakan huruf kapital untuk memperjelas perintahnya saja.


2. Ping dan Tracert : Memecahkan Masalah Jaringan 

Ping dan Tracert memiliki fungsi yang sama yaitu mengecek kondisi sebuah jaringan tapi memiliki perbedaan dari segi kerjanya Tracert yang lebih detail karena tracert akan menunjukan rute data yang akan dijalani web/ip yang kita tracert dan tracert digunakan hanya untuk mengidentifikasi masalah pada jaringan . Sedangkan PING itu untuk mengecek apakah kita telah terhubung oleh jaringan atau belum atau telah terhubung kah kita dengan Ip teman kita yang ada disebelah kita misalnya yang dalam keadaan peer to peer .

Ping adalah kepanjangan dari Packet Internet Gopher yang menurut bahasa berarti menggali paket internet maksudnya seperti yang saya ucapkan menggali/mengecek induktivitas sebuah jaringan  yang menggunakan teknologi TCP/IP.

Tracert sendiri perintah untuk menunjukkan rute yang dilewati paket untuk mencapai tujuan. Ini dilakukan dengan mengirim pesan Internet Control Message Protocol (ICMP) Echo Request Ke tujuan dengan nilai Time to Live yang semakin meningkat. Rute yang ditampilkan adalah daftar interface router (yang paling dekat dengan host) yang terdapat pada jalur antara host dan tujuan

 

3. Sfc / scannow: Scan File Sistem untuk Masalah

Inilah perintah yang jarang diketahui oleh orang-orang banyak padahal perintah sangatlah berguna untuk mencari dan memperbaiki file system windows kita yang mungkin mengalami masalah . Tidak selamanya akan berjalan baik Windows juga dapat mengalami kerusakan pada systemnya maka penting untuk kita untuk selalu mengecek dan mengatasi nya dan Perintah Sfc /scannow adalah solusinya.

SFC ( System File Checker ) adalah semacam software bawaan dari windows yang memang diperuntukan untuk mengecek file system yang mana yang bermasalah dan harus diperbaiki secepatnya agar Sistem Operasi windows dapat berjalan baik kembali .

Tanda- tanda jika file system windows biasa dilihat dari saat kita menyalakan windows kita , apabila prosesnya lama bisa jadi file systemnya sedikit bermasalah karena kecepatan boot sebuah komputer atau PC adalah itu tergantung dari file systemnya .

dan oiya guys ada catatan yang harus saya berikan dalam menggunakan Sfc /scannow adalah apabila saat proses scanning dan repair telah selesai kalian harus restart komputer kalian walaupun tidak diminta oleh SFC itu sendiri tapi kalian harus merestartnya.

Jika tidak ada masalah maka tampilan pada command prompt akan seperti ini :
Windows Resource Protection did not find any integrity violations. 

Dan jika ada masalah tampilannya seperti ini :
Windows Resource Protection found corrupt files and successfully repaired them. Details are included in the CBS.Log windir\Logs\CBS\CBS.log. For example C:\Windows\Logs\CBS\CBS.log. Note that logging is currently not supported in offline servicing scenarios. 


4. Cipher: Menghapus dan menimpa Direktori secara permanen

Cipher adalah sebuah perintah untuk meng Enkripsi file atau folder kalian agar terhindar dari segala serangan dan file yang ter enkripsi tidak akan dapat di akses di komputer lain karena dilindungi dengan proteksi kunci simetris yang disebut File Encryption Key ( FEK ).

Cipher jarang digunakan dalam kehidupan kita sehari-hari bahkan kalian mungkin baru dengar dengan perintah ini . Tapi, perintah ini sangat diperlukan jika kalian bekerja sebagai network security maupun System Administrator karena setiap file dan folder kalian itu sangatlah berharga dan rahasia karena menyimpan data sebuah kantor jika hilang atau terhapus perusahaan bisa bangkrut .

kalian juga dapat dapat membersihkan secara total isi hardisk kalian tergantung partisi yang mana yang ingin kalian hapus . maksud dari total ini adalah file sekarang dan file sebelumnya yang kalian hapus seperti biasa. Pada dasarnya file yang kalian hapus seperti biasa masih tersimpan pada disk kalian jadi untuk menghapusnya biasa dengan menghapus partisi dan membuat kembali tapi itu sangatlah membuang waktu kalian bisa singkat waktu kalian dengan menggunakan perintah cipher.

Berikut cara penggunaannya:

Cipher /w:H

Note :

  •  /w = Wipe  (Menghapus)
  • :H = drive kalian bisa kalian ganti dengan drive mana saja .


5. Netstat -an: Daftar Sambungan Jaringan dan Port

Netstat atau Network Statistics adalah sebuah perintah yang sangat berguna jika kalian mengerti menggunakan perintah ini dengan baik kalian bisa dapat memotir komputer orang lain hanya dengan melihat Ip dan port yang digunakannya kalian bisa meremote komputer mereka dengan perantara Telnet pada Windows.

Netstat -an ini adalh perintah yang akan menampilkan daftar semua koneksi jaringan terbuka di komputer mereka, bersama dengan port yang mereka gunakan dan alamat IP asing yang terhubung dengannya . masih ada lagi perintah Netstat lainnya dan fungsinya pada Help Netstat cara untuk masuk menu Help Netstat adalah dengan perintah :

nestat /?


6. Nslookup : Temukan Alamat IP yang Terkait dengan Domain

Nslookup ini berfungsi untuk menampilkan Ip dari sebuah domain contohnya adalah jika kita nslookup sebuah domain maka DNS server akan menampilkan IP dari domain itu dengan Nslookup kita juga mendiagnosa dan memilih DNS yang mana yang bagus digunakan untuk dapat Mendouble kecepatan internet kita.

Sekarang pertanyaannya kenapa Dns ada dua yaitu Primary DNS dan Secondary DNS ?  . Primary DNS adalah DNS utama yang dapat kita gunakan karena kita percaya IP DNS tersebut sangat cepat koneksinya maka kita menaruhnya di Primary sedangkan Secondary adalah cadangan dari Ip DNS primary jika apabila DNS utama mengalami masalah maka Secondary Dns dapat menanganinya.

Berikut cara penggunaanya :

nslookup www.howtogeek.com


nslookup command


Note : 

  • Disitu saya ingin mengetahui Ip domain "www.howtogeek.com" dengan menggunakan IP DNS primary yang saya gunakan yaitu 10.5.50.1.  Dan terlihatlah IP Domain dari Howtogeek.com yaitu 151.101.10.15





That's all guys, itulah Artikel kali ini yang berisikan perintah CMD pada windows yang seharusnya diketahui oleh seluruh orang dikarenakan fungsinya yang dapat berguna untuk kita dan juga untuk mempermudah pekerjaan kita .

Semoga dapat bermanfaat guys dan menambah wawasan kita semua termasuk saya pribadi silahkan share dan comment pada kolom komentar dibawah dan jangan lupa untuk berlanggananan dengan Blog saya untuk mendapat update terbaru dari kami. Anyway, Thank's a lot guys and see you next time.

Komentar