Cara Cepat Mengambil ScreenShoot Pada PC

Cara mengambil Screenshoot pada PC
Source:Pexels

ScreenShoot atau bisa disebut juga tangkapan layar baik itu di Smartphone atau PC menggunakan cara unik untuk dapat mengambil screenshoot pada perangkat kita memerlukan beberapa variasi tombol yang unik . Adapun orang menggunakan beberapa software untuk mengambil screenshoot pada perangkat mereka padahal sebenarnya untuk mengambil tangkapan layar tidak memerlukan software tambahan lagi itu adalah hal yang boros.

Setiap sistem operasi telah disiapkan media screenshoot pada setiap perangkat yang ada jadi anda tidak perlu repot-repot untuk mencari Software lagi karena itu sangat membuang waktu. Contohnya pada Sistem Operasi Android kita biasa mungkin menekan beberapa tombol seperti ( PWR + Volume bawah ) Misalnya.  Itu memang sudah bawaan sistem operasi yang diberikan oleh Developer pada kita semua.

Begitu juga dengan Sistem operasi windows, kita memerlukan beberapa variasi tombol untuk mengambil tangkapan layar atau screenShoot. Mungkin sudah banyak yang tahu tetapi mungkin kita bermasalah dengan cara menyimpan/menempelkan hasil screenshootnya yang harus di edit lagi karena tidak sesuai dengan yang kita inginkan.

Sering kali saya menemui orang-orang mengalami kesulitas dalam mengambil screenShoot pada Pc adapun juga orang yang telah tahu cara mengambil screenshoot pada Pc tapi kadang tidak puas . Contohnya kita hanya ingin mengambil tangkapan pada jendela windows tertentu misalnya tetapi yang terambil malah keseluruhan layarnya.

Mungkin artikel kali ini judulnya sangat familiar tetapi artikel saya ini sedikit memberikan tips yang mungkin jarang kita ketahui karena cara saya ini kita dapat memilih kita ingin meng-Screenshoot dibagian mana dan tentu saja tidak memerlukan Software lagi berikut caranya :

Cara Mengambil ScreenShoot

Tidak ada yang spesial dengan cara screenshoot saya , kalian pun pasti sering menggunakannya pada windows kalian yaitu menggunakan tombol Print Screen. Atau biasa tertulis seperti ini pada keyboard sobat ,  Print Scrn, Prnt Scrn, Prt Scrn, Prt Scr Prt Scn atau Pr Sc .

Cara mengambil ScreenShoot pada PC
Source: windowscentral

Artikel saya belum berakhir sampai disitu saja, saya memiliki cara untuk mengambil screenshoot dan berikut caranya :

1. PrtScn

Seperti saya ucapkan sebelumnya dengan hanya menekan tombol PrtScn maka otomatis windows akan mengambil tangkapan layar pada seluruh bagian pada layar . Jadi semua yang tampil pada interface kalian atau layar kalian semuanya akan di ScreenShoot oleh Windows dan  berikut hasil screenshoot menggunakan PrtScn.

ScreenShot menggunakan PrtScn

2. Alt + PrtScn

Variasi tombol ini mungkin kalian jarang gunakan karena anda tidak tahu apa fungsi dari tombol ini padahal tombol ini lebih bagus daripada menggunakan tombol PrtScn saja . Variasi tombol ini fungsinya untuk mengambil ScreenShoot pada 1 jendela yaitu misalnya Kalian ingin hanya windows explorer saja yang  di screenshoot dan tidak mengambil gambar desktop. Berikut hasilnya .

Cara screenshoot menggunakan Alt+PrtScn

3.Win+PrtScn

Beda dengan variasi tombol di atas dengan menggunakan Variasi tombol kita tidak perlu repot-repot lagi untuk menempelkan hasil screenshoot kita menggunakan Ms Paint untuk menempelkan lalu kemudian save melalui MsPaint . Dengan Variasi tombol ini memang akan sama fungsinya dengan menggunakan tombol PrtScn saja tapi beda secara otomatis hasil ScreenShoot kita tersimpan pada folder Pictures default.

Note: Pada cara terakhir diatas hanya dapat digunakan pada windows 8 dan yang lebih baru. Jadi kalian yang menggunakan windows 8 atau Windows 10 bisa menggunakan Variasi Tombol Tersebut.


Cara Menyimpan Hasil ScreenShoot

Kalian telah tahu cara screenShoot dan beberapa triknya agar screenshoot yang kita ambil sesuai dengan apa yang kita harapkan dan pas. Mungkin ada beberapa orang yang tidak tahu cara menyimpan hasil screenShoot maka disini saya akan memperjelasnya dan melengkapi Artikel saya kali ini .

Cara termudah untuk menyimpan hasil tangkapan layar kalian yaitu cukup dengan menggunakan Microsoft Paint. Sekali lagi Windows benar-benar tidak akan merepotkan kita Ms paint ini adalah aplikasi bawaan dari windows yang tidak perlu kalian Download lagi dan install karena secara default sudah terdapat pada windows itu sendiri.

Untuk menyimpan hasil screenshoot cukup buka Microsoft Paint lalu tekan variasi tombol Ctrl+V untuk menempelkan hasil screenShoot maka hasil screenshoot kalian akan terlihat .

Cara Save hasil ScreenShoot

kalian bisa mengedit hasil screenshoot kalian menggunakan beberapa tools yang terdapat pada Ms.Paint jika kalian merasa kurang puas dengan hasil screenshootnya Lalu silahkan anda tekan Ctrl+S untuk menyimpan gambar screenshoot sobat dan letakkan dimana kalian inginkan .




That's All guys! Semoga Artikel kali ini dapat bermanfaat dan bisa membantu sobat-sobat semuanya yang mungkin mengalami masalah dalam mengambil screenShoot pada PC dan yang masih bingung menggunakan tombol PrtScn yang benar agar hasil screenshoot sesuai dengan yang kita inginkan.

Silahkan share artikel ini kepada teman kalian jika ini bermanfaat dan tuliskan koment kalian pada kolom komentar dibawah untuk memberikan saran artikel apa yang kalian ingin saya tuliskan selanjutnya. Thank's Alot guys and see you later.


Komentar