Tor vs VPN? Apa yang Terbaik dan Mana yang Harus Saya Gunakan?

TOR vs VPN
Source:Hideme


Apa sih itu TOR?

Tor adalah jaringan anonimitas yang menyediakan perangkat lunak gratis yang dirancang untuk memungkinkan Anda mengakses internet secara anonim. Tidak seperti VPN, di mana penyedia VPN mengetahui alamat IP sebenarnya, dan dapat melihat lalu lintas internet Anda di titik keluar (server VPN), dengan sinyal Tor Anda diarahkan melalui sejumlah node, yang masing-masing hanya mengetahui IP Alamat 'di depan' simpul dan 'di belakang' itu, sehingga tidak ada gunanya ada yang tahu keseluruhan jalan antara komputer Anda dan situs web yang ingin Anda hubungi.

TOR atau The Onion Routers, seperti namanya Perangkat lunak ini penuh dengan rahasia yang tidak terduga seperti bawang . TOR dan VPN sering kali dibandingkan secara berdampingan sebagai produk pesaing. Namun, pada kenyataannya, TOR dan VPN sangat berbeda. Karena keduanya melayani tujuan yang sama, kebanyakan orang memperlakukan mereka sebagai alternatif satu sama lain atau produk pesaing.

Jika kalian tidak tahu apa itu VPN / Virtual Private Network maka anda harus tahu terlebih dahulu mengenai VPN terlebih dahulu sebelum tahu lebih dalam mengenai TOR serta hubungan mereka berdua dalam dunia Keamanan jaringan.

Seperti yang Anda lihat, tujuan Tor sangat mirip dengan tujuan utama VPN - untuk mempertahankan anonimitas online pengguna internet dan untuk menghindari firewall. Seperti VPN, juga dapat digunakan untuk menipu lokasi geo oleh pengguna yang terus-menerus menghubungkan kembali sampai node keluar berada di negara yang diinginkan (cukup mudah jika Anda menginginkan simpul keluar yang berbasis di AS, kurang mudah bagi negara-negara terhubung internet yang lebih kecil atau kurang ).

TOR vs VPN, sebuah diskusi sia sia yang telah ada sejak lima sampai sepuluh tahun terakhir. Keduanya adalah teknologi yang berbeda namun dirancang untuk memenuhi tujuan yang sama yaitu anonimitas dan akses yang tidak terbatas. Namun, ada beberapa Tor dan VPN berbeda yang mungkin ingin Anda pertimbangkan sebelum memilih salah satunya terutama dari segi kerjanya yang sedikit Berbeda.

TOR Or VPN?

TOR ( The Onion Router )

Apa itu Tor ?
Source:engadget

Tidak seperti VPN, TOR bukanlah alat yang sama kuat untuk mengakses situs web yang dibatasi. Dengan TOR Anda hanya dapat mengakses situs web yang diinginkan jika node keluar yang ditunjuk berada di negara yang diinginkan. Ini dapat dengan mudah dicapai untuk Amerika Serikat, namun agak sulit bagi negara-negara yang terhubung dengan internet yang lebih kecil atau kurang.

Dan perlu kalian tahu TOR itu adalah software yang Open Source dan bisa kalian dapatkan dan gunakan secara gratis . Tidak seperti VPN yang hampir semua layanan- Nya berbayar . Tetapi soal kemampuan TOR tidak kalah dengan VPN. TOR memang gratis tetapi performanya seperti software VPN berbayar.

TOR relatif lambat. Karena data Anda disalurkan melalui sejumlah relay dan latensi yang ditambahkan oleh masing-masing relay membuat kecepatan TOR jauh lebih lambat. TOR sama sekali tidak cocok untuk streaming dan file sharing P2P.


Tor melayani tujuan menyembunyikan identitas Anda, namun biaya kecepatan koneksi Anda, Anda harus berkorban jika Anda ingin menggunakan jaringan TOR. Penggemar film dan orang-orang hebat akan menganggap TOR tidak terlalu menarik karena tingginya latency koneksi yang tercipta saat data melonjak melalui relay mengurangi kecepatan koneksi dengan jumlah yang cukup besar.

Namun begitu TOR menjamin keamanan data kalian Bahkan National Security Agency tidak bisa melacak anda dan mengakui bahwa mengidentifikasi seorang pengguna yang menggunakan TOR sangatlah sulit .

TOR memang hanya digunakan di mana anonimitas tingkat tinggi dibutuhkan oleh pengguna, seperti dalam situasi di mana Anda mungkin ingin bertindak sebagai "Whistleblower" seperti Edward Snowden, yang mengekspos tindakan NSA yang tidak etis, atau jika Anda diawasi oleh Pengadilan hukum Ini juga efektif bila Anda tidak ingin seseorang tahu siapa diri Anda dan apa yang Anda lakukan, atau jika Anda menghadapi ancaman kematian atau dikuntit di internet.

Jikalau kalian hanya pengguna internet yang hanya sepanjang hari menjelajah di Facebook dan Youtube mending tidak perlu digunakan karena itu hanya mengurangi bandwidth anda Tepati jika kalian tertarik dan ingin mencoba sensasi TOR bisa kalian unduh pada link berikut https://www.torproject.org/.

VPN ( Virtual Private Network )

Apa itu VPN
Source: Pixabay

Virtual Private Network
(VPN) dibuat dengan membuat koneksi point-to-point virtual ke gateway melalui penggunaan koneksi khusus, protokol tunneling virtual, atau enkripsi lalu lintas. Untuk jaringan di luar gateway, pengguna tampaknya berasal dari salah satu alamat IP gateway. Begitu pengguna terhubung ke server, IP nya akan diganti dengan salah satu IP server. Dengan cara ini IP pengguna tetap anonim di internet dan siapa saja, bahkan ISP pun tidak bisa melacaknya.

Ada mitos bahwa VPN membunuh kecepatan internet Anda. Nah, sebelumnya memang benar, namun modifikasi dan kemajuan teknologi baru telah meningkatkan kecepatan layanan VPN. Pada saat ini, koneksi VPN mungkin memiliki dampak yang tidak berarti pada kecepatan internet Anda.

Berbanding terbalik dengan TOR , VPN ini cocok untuk siapa saja.  Ada dua jenis VPN yang ada di pasaran, Free dan Paid. VPN gratis hadir dengan keterbatasan seperti jumlah lokasi, bandwidth, protokol, dll. Layanan VPN berbayar tersedia di pasaran dengan harga mulai dari $ 2 sampai $ 20 per bulan tapi VPN menjamin data pribadi anda terutama segala hal yang berhubungan dengan traksaksi keuangan kalian.


Jaringan VPN dapat digunakan dalam situasi berisiko rendah seperti jika Anda tidak dituduh melakukan kejahatan yang mungkin atau mungkin tidak Anda lakukan, atau jika Anda ingin bersembunyi dari berbagai alat pelacak di internet dan hanya menjelajah internet atau mendownloadnya. Torrents. Mereka juga digunakan untuk memperluas jaringan pribadi perusahaan yang memudahkan karyawan untuk bekerja dari lokasi yang jauh dan masih memiliki akses ke sumber daya perusahaan.

Jaringan VPN juga dapat digunakan untuk memotong batas geografis sehingga dapat memperoleh akses ke layanan yang diblokir atau menggunakan internet di tempat-tempat di mana organisasi federal telah menerapkan batasan jaringan untuk masyarakat umum.

Terdapat sangat banyak layanan VPN yang tersebar. Tapi saya pribadi menggunakan VPN yang free dan ada dua layanan VPN free yang sangat populer dan mungkin kalian juga menggunakannya yaitu Browsec dan juga Anonymox . Browsec sendiri di khususkan untuk pengguna Chrome sedangkan Anonymox untuk pengguna Mozilla Firefox .

Kesimpulan 

Tor digunakan dalam situasi yang berisiko tinggi dan Vpn sebaliknya jika menggunakan keduanya akan menjadi keamanan yang sangat luar biasa . anda benar-benar akan terjaga dari segala serangan cyber yang sangat dapat merugikan kita .

Baik TOR dan VPN memiliki pro dan kontra, tapi mereka bukan musuh. Sebagai gantinya, mereka diciptakan untuk melayani tujuan yang sama, untuk memberi anonimitas kepada pengguna online, namun mereka salah dipahami sebagai pesaing. Saya tidak bisa menyarankan Anda tentang mereka masing-masing karena kinerjanya lebih baik dari yang lain pada beberapa aspek, dan kami tidak dapat mengumumkan pemenang dalam pertempuran VPN Vs TOR .

TOR + VPN = Ultra-Secure Internet Connection




That's all guys, Semoga dapat bermanfaat untuk menambah wawasan kalian terhadap kejahatan di dunia internet karena tanpa kalian sadari seseorang bisa memata-matai kalian di Internet . Seperti yang saya kutip dalam film WHOAMI " No System is Save ". Tetap waspada dan jaga data diri anda dan keluarga anda dari segala kemungkinan kejahatan yang terjadi di Internet.

Jangan lupa untuk share artikel ini, Koment tentang pendapat kalian pada artikel kali ini dan subscribe agar mendapat update terbaru dari Deep Square . Thank's A lot guys and see you next time.

Komentar