Cara Setting Mikrotik RB750 menggunakan Perintah Dasar Mikrotik Berikut ( Part 2 )

Melanjutkan artikel Cara Setting Mikrotik RB750 menggunakan Perintah Dasar Mikrotik Berikut  ( Part 1) , kali ini saya akan memberikan part 2 -Nya sesuai janji saya sebelumnya beberapa hari yang lalu. saya akan terus melanjutkan Perintah dasar mikrotik hingga bisa digunakan untuk hotspot dan bisa diakses menggunakan jaringan internet.

Seperti yang pernah saya sebut sebelumnya pada Part 1 Routerboard adalah sebuah perangkat jaringan yang didalmnya tertanam sebuah sistem operasi jaringan yaitu Mikrotik yang bisa digunakan atau di access menggunakan perintah dasar maupun GUI (Interface) yang tentu saja ini mirip dengan linux karena Mikrotik sendiri adalah turunan dari Linux.

Perintah dasar mikrotik

Mikrotik ini sendiri memiliki academy (kelas) yang dikhususkan memperlajari mikrotik dari akar hingga ke buah-buahnya yang tentu saja itu sangat mahal dan memiliki tes sertifikasi yang disebut MTCNA ( Mikrotik Certified Network Associate ) yang dapat kita gunakan untuk mencari job tentu saja itu mempermudah dan menjadi pertimbangan masih ada lagi sertifikasi lain yang bisa kita dapatkan jika mempelajari Mikrotik ini . Jika anda ingin mendapatkannya pelajarilah Mikrotik sebaik-baiknya dan tentu saja di mulai perintah dasar bukan dari perintah yang advance.

Tidak ada ruginya kita mempelajari Mikrotik , belajar itu tidak ada ruginya semuanya memiliki keuntungan masing-masing termasuk mempelajari Matematika yang biasa jadi momok setiap orang dan menakuti mata pelajaran tersebut karena katanya bikin pusing tapi ada juga orang yang paling mengerti Matematika sedangkan mata pelajaran lainnya sulit. Aneh.? yes! .


Berikut Perintah Dasar Mikrotik RB750


  • sekali lagi saya ingatkan untuk kembali baca part 1 terutama pada bagian interface karena interface akan digunakan pada perintah yang akan kita bahas kali ini. 
contoh : 
ether1= biasa untuk ip publik ( internet )
ether2= untuk ip privat ( client )
  • Pada perintah kali ini , kita akan membuat Ip route dan menambahkan gateway berikut perintahnya. 

[admin@MikroTik]> ip route add gateway { masukan IP Gateway yaitu ip yang langsung terkoneksi dengan jaringan } 


perintah dasar


[admin@MikroTik]> ip route print { untuk melihat apakah sudah terkonfigurasi } 


  • Setelah gateway telah dibuat , sekarang buatlah Ip DNS .
[admin@MikroTik]> ip dns set server= { masukan ip yang ingin anda jadikan sebagai server } 
lalu dan cek dengan perintah ip dns print . 


  • Perintah berikut ini adalah perintah yang sangat penting yaitu agar client dapat terhubung dengan internet , Yaitu setting NAT . yang berarti Network Address Translation, suatu protokol yang digunakan mikrotik untuk mentranslasikan IP publik ke IP privat agar ip privat dapat tersambung dengan ip publik dalam penggunaan internet.
[admin@MikroTik]>ip firewall nat add chain=srcnat action=masquerade


out-inteface=ether1
[admin@MikroTik]>ip firewall nat print { untuk melihat hasilnya } 


Note : Jika interface hanya satu yang terbaca silahkan anda cek Lan card sobat, atau jika menggunakan Virtual Box masuk menu setting dan pilih network silahkan enable adapter 2



  • Silahkan Cek interface anda jika setting dan lan card telah terpasang dengan baik . 
[admin@MikroTik]>interface print






Perintah tadi penutup dari part 2 perintah dasar mikrotik ,  masih banyak perintah yang terdapat pada Mikrotik yang belum saya bahas tapi perintah yang saya jelaskan yang hanya sering digunakan untuk keperluan membuat sebuah hotspot RT/RW net atau yang lainnya. 

Semoga dapat bermanfaat pelajarilah dengan baik pahami jangan di hafalkan. Silahkan share , Comment dan berlangganan untuk mendapatkan update terbaru dari blog saya thank's a lot guy and see you later. 

Komentar