Cara Setting Mikrotik RB750 menggunakan Perintah Dasar Mikrotik Berikut ( Part 1 )

Mikrotik RB750 adalah salah satu Sistem Operasi jaringan yang biasanya langsung tertanam pada Routerboard atau biasa kita sebut dengan RouterOS . Dimana RouterOS ini seringkali kita jumpai pada saat kita ingin Membuat sebuah Hotspot yang jangkauan yang luas .  Dan cara konfigurasi hampir sama dengan seperti Linux yaitu Berbasis Teks karena Mikrotik merupakan perkembangan dari Kernel Linux Debian .

Mikrotik RB750

Dalam RouterOS Mikrotik RB750 atau versi lainnya ada istilah yang kita sebut dengan Perintah Shell Mikrotik RouterOS yang dimana berarti penghematan Perintah sama halnya dengan linux kita hanya perlu tekan TAB maka akan menampilkan beberapa perintah yang berhubungan dengan perintah yang kita masukan contohnya seperti kita ingin Memasukan perintah IP Address maka kita hanya perlu mengetik IP Add maka secara Otomatis Shell akan menterjemahkannya sebagai Ip Address.

pengguna Mikrotik RB750 ini bisa kita jumpai dimana saja, contohnya adalah tempat tongkrongan sobat untuk berinternet ria yaitu Cafe,  tanpa kalian sadari itu adalah fasilitas dari Mikrotik tersebut kita diberi batasan hanya satu jam untuk menggunakan internet dengan voucher yang diberikan si pemilik Cafe itu semua Mikrotik yang atur dan kita pun bisa membuat seperti itu jika kita mempelajari Mikrotik sebaik-baiknya.

Berikut Perintah Untuk Setting Mikrotik RB750

  • Perintah yang pertama yang akan saya jelaskan adalah perintah untuk Merubah mengubah nama Mesin Mikrotik disini saya akan Mengubahnya dengan Nama Skadars . Perlu anda ketahui dalam memasukan perintah di Mikrotik jangan menggunakan Huruf Kapital dan system tidak akan membaca huruf kapital . 
[admin@MikroTik]> system identity set name=Skadars 
[admin@Skadars]>

Mikrotik RB750

  • Perintah selanjutnya adalah perintah untuk Menampilkan dan melihat jumlah ETHER card yang terpasang apakah telah baik .
[admin@Skadars]>interface print 

Mikrotik RB750


Apabila Ether ( Interface) nya baik maka akan menampilkan R di samping 0 . Apabila bermasalah maka R itu menjadi X ( Disable ). 

  • Selanjutnya ialah Perintah perintah mengedit Interface Ether1 kita akan mengubahnya menjadi Internet Maka masukan perintah ini
[admin@Skadars]>interface edit 
number=0 
value-name=name

Note : Number disitu adalah nomor ether berapa yang akan kita ubah berada pada nomor 1 apabila Interface kita ada dua berarti ada dua pilihan ether1 berada pada number 0 dan ether2 berada pada number 1. 

Mikrotik RB750

  • Selanjutnya perintah Pemberian IP address kepada setiap Interface baik itu Ether1 dan Ether2. agar memiliki alamat masing-msing. 
[admin@Skadars]>ip address add 
address: masukan ip address disini .! jangan lupa beri netmask (/24 dll)
interface: sesuai nama interface kita tadi. !

dan untuk menampilkan hasilnya ketikkan perintah berikut :  
[admin@Skadars]> ip address print

Mikrotik RB750


Mungkin sekian Tutorial Singkat  Setting Mikrotik RB750 Part 1 , saya akan berikan part 2 di postingan selanjutnya yang mudah-mudahan bisa secepatnya saya posting artikel selanjutnya. Don't forget to give your sugestion guys with your comment in down below.

thank you so much guys, and yeah subscribe my blog if you want to get update from my Blog guys thank's for your attention and see you later.





Komentar