Cara terbaik untuk mempercepat performa komputer Anda

Mungkin kalian tahu bagaimana rasanya menggunakan Sebuah laptop baru atau PC baru yang performa kecepatan komputer sangatlah cepat bagaimana tidak cepat keadaannya masih segar, file-file di dalamnya masih free dan didalam komputer kita hanya terdapat aplikasi dasar seperti Vlc media player , Google Chrome , dan Anti virus tentunya.

Perlu kalian tahu saja , performa komputer itu dapat mempengaruhi mood kita,  komputer yang lambat kadang-kadang membuat kita marah dan emosi sedangkan sebaliknya jika komputer kita cepat itu membuat kita jadi tenang dan nyaman semuanya terasa lancar aja gitu loh rasanya jika komputer itu cepat performanya serasa tidak halangan teman-teman.

Siapa sih yang tidak mau memiliki Computer yang cepat, semuanya pasti akan melakukan segala hal untuk mempercepat performa Komputer mulai dari menghapus semua data didalam komputer kita . Kadang kala juga jika komputer kita lambat kita malah menyalahkan Spesifikasi Komputer kita. Itu bukan kesalahan spesifikasinya yang rendah tapi kesalahan kita sendiri .


Cara mempercepat performa Komputer
Source:Pixabay


Keadaan komputer kita sebenarnya yang menentukan lambat atau cepatnya adalah kita sendiri , bagaimana kita menggunakannya apa saja aplikasi yang kita masukkan didalamnya dan berapa spesifikasinya juga sudah cek aman dari Virus nggak.? . Sering saya menjumpai sebuah Laptop yang spesifikasinya hanya tingkat menengah dan dia memaksakan aplikasi berat seperti pengedit Video After Effects , tahu kan bagaimana spesifikasi minimum untuk memasukkan aplikasi seperti itu .? harus yang spesifikasi tinggi teman-teman .

Jangan paksa komputer kita , mengerti keadaan mereka , Pernah mengalami laptop yang tiba-tiba mati .? itu akibat dari pemaksaan sebuah komputer . Komputer telah tidak mampu menahan beratnya akibatnya kompononen seperti hardisk contohnya akan rusak karena tak mampu lagi menampung Aplikasi yang seharusnya tidak masuk kedalam komputer dan Processor pun akan panas dan bisa saja merusak segala komponen dan akibatnya komputer kalian akan mati total teman-teman.


a Computer User
Source : Pixabay

Gunakanlah Komputer sebijak mungkin , kalaupun kalian ingin bermain Game yang 3D yang pasti memerlukan Spek tinggi maka dari pilih lah sebuah Komputer yang mampu menahannya dan jadilah pengguna teknologi yang bijak dan cerdas.

Tapi bagaiaman kalau terlanjur berat komputernya , tenang aja , pada artikel kali ini saya akan memberikan beberapa tips agar performa komputer bertambah cepat dan kalian akan mengalami perasaan seperti menggunakan komputer baru. 

Kenapa komputer bisa melambat ? 

Seiring waktu, saat Anda men-download file, browsing internet, Hapus Program, meninggalkan aplikasi yang terbuka, dan cukup banyak hal lain pada komputer Anda, itu perlahan-lahan mengumpulkan file-file sampah yang dapat menjadi penyebab komputer menjadi berat yang tentu saja itu tak selalu mudah untuk di atasi.

Akumulasi dari file browser cache web, desktop yang berantakan,  hard drive penuh, lambat hardware, hardware kotor, dan banyak hal lainnya itu semua adalah hal yang dapat melambatkan performa dari komputer .

Seperti kita manusia yang memerlukan sebuah perawatan khusus komputer pun juga memerlukannya agar dapat melakukan pekerjaannya dengan rasa pecaya diri dan semangat itu adalah hal yang harus diperhatikan oleh kita semua.

Bisa saja komputer Anda sendiri benar-benar mungkin tidak  lambat. Anda mungkin hanya mengalami koneksi internet yang lambat karena router rusak, koneksi buruk, atau kecepatan terbatas yang ditawarkan oleh ISP Anda.

Dalam setiap kasus, Anda mungkin hanya perlu untuk mempercepat akses internet Anda.

Clean up junk files and programs

File sampah atau junk file memang file yang kecil tapi sangat banyak dan menjadi besar dan bisa berukuran sangat besar jika dibiarkan begitu saja , untuk menghilangkannya kita bisa menggunakan beberapa aplikasi yang dapat menghapusnya contohnya CCleaner. Aplikasi ini bukan hanya membersihkan pada OS Windows itu sendiri tapi juga pada Registry Windows juga program pihak ketiga seperti Google Chrome yang juga dapat menyimpan beberapa Cache File yang dapat mempengaruhi komputer.

Bersihkan desktop Anda jika itu berantakan. Membuat Windows Explorer memuat ikon dan folder tersebut setiap kali refresh desktop dapat menempatkan beban yang tidak perlu pada hardware Anda, yang mengambil sumber daya sistem yang dapat digunakan di tempat lain . Memang itu adalah hal yang sepele dan mungkin sering kita perbuat dan kita biarkan begitu saja tetapi itu juga mempengaruhi kecepatan computer kalian jadi, rapikanlah layar desktop kalian. 

Menghapus program yang tidak diinginkan lagi tinggal berlama-lama di komputer Anda. Ini tidak hanya mengambil bagian ruang pada hard drive tetapi mereka mungkin terbuka secara otomatis oleh Windows dan berjalan di latar belakang sepanjang waktu, mengisap pergi processor dan memori. Ada beberapa alat uninstaller gratis yang dapat membuat ini benar-benar mudah.

Setelah komputer Anda bebas dari tidak diperlukan dan file sampah, Anda harus memiliki lebih banyak ruang bebas dalam hard drive yang tersedia untuk hal-hal lain yang penting. Lebih besar ruang kosong pada hard drive juga membantu dengan kinerja karena kapasitas drive tidak selalu didorong ke batas-batas.

Defrag Your Hard Drive

Defrag File juga adalah hal terpenting untuk dilakukan untuk menyegarkan Hard Drive kalian . Tapi hal inilah yang bahkan para IT lupa untuk mendefrag hard drive mereka. jika kalian bingung apa itu Defrag , Defrag adalah mengembalikan data-data kita yang berhamburan atau terpecah-pecah kembali lagi ketempatnya. File yang terpecah itu dapat membuat kapasitas hard drive menjadi penuh itulah kenapa kita harus mendefrag Hard drive akan pecahan itu kembali menjadi 1 file. 

hard disk komputer memiliki pola berputar sehingga hard disk menempatkan data dalam tempat yang berbeda ketika menulis data baru, blok-blok data diciptakan sesuai dengan urutan perintah yang diberikan.

Defragmentation Proces
Source : CodePolitan

Defrag dapat dilakukan 1 kali seminggu atau 2 kali seminggu tapi menurut saya sendiri pribadi saya mendefrag hard drive saya 1 kali seminggu saja kalau komputernya hanya untuk keperluan biasa tetapi jika komputer kalian adalah bagian Vital dari sebuah kantor lakukanlah 2 kali seminggu. Ada beberapa aplikasi yang dapat kalian gunakan untuk mendefrag Hard drive kalian adalah O&O Defrag

Remove Viruses, Malware, Spyware, Adware, etc.

Ini adalah hal yang pasti sering kalian alami dan pasti berfikir "pasti penyebabnya Virus" dan Fikiran kalian itu benar. Virus dapat merusak PC kita dan bisa membuat Windows pada Komputer kita rusak dan terpaksa harus di Intal ulang dan akibatnya data yang kita simpan di drive C: hilang semua dan itu adalah kerugian yang sangat besar.

Terdapat banyak Virus di Internet teman-teman salah satunya yang menggemparkan dunia kemarin ada RansomeWare . Ransomeware adalah kerabat dekat dari Malware, Spyware , dan Adware. dan ibu dari semua virus yang berakhiran -Ware itu adalah Malware.  

Kalian harus secara berkala memindai komputer anda menggunakan Software anti virus atau software yang secara khusus bertugas untuk menghilangkan malware ini. Salah satunya adalah Malware bytes Anti Malware.


Clean, Replace or Upgrade Your Hardware

Bukan hanya software yang dapat menyebabkan komputer melambat tetapi hardware juga mempengaruhi performa komputer. 

Terutama saat Hardware berdebu , itu adalah masalah besar yang diam-diam mengurangi kecepatan komputer kita dan malah kita menyalahkan Softwarenya yang bermasalah . Bijaksanalah untuk secara berkala membersihkan bagian hardware fisik Anda. Seiring berjalannya waktu, dan karena terutama untuk efek tertentu lingkungan, Kipas dan potongan lain dalam kasus dapat mengumpulkan gumpalan kotoran atau rambut, yang membuat mereka bekerja di overdrive/berlebihan hanya untuk berfungsi secara normal. Bersihkan dan ceklah komponen terlebih dahulu sebelum Anda membeli hardware baru, mungkin saja mereka hanya terlalu kotor. 

Memperbaiki kesalahan sistem Windows

Memasang dan mencopot pemasangan perangkat lunak dan pembaruan Windows, reboot komputer Anda selama update, memaksa komputer Anda untuk menutup segera, dan hal-hal lain dapat menyebabkan kesalahan dalam file sistem Windows.  Jadi , mulai sekarang hentikan kebiasaan itu . 

Aplikasi yang biasanya tidak mau menutup malah kita paksa tutup menggunakan Task Manager adalah hal yang dapat merusak File Sistem Windows dan itu adalah kesalahan yang sangat fatal dan sangat rentan menghilangkan data anda pada Hardrive.




That's All guys, semoga dapat membantu dapat membantu kalian agar dapat menjaga performa dari komputer kalian kesimpulan dari artikel kali ini adalah Keadaan Computer seseorang adalah dari pemiliknya bagaimana ia menggunakan computer itu sendiri jadi rawatlah komputer kalian seperti merawat diri kalian sendiri. 

Silahkan Share dan comment in down below dan jangan lupa untuk Berlangganan dengan Deep Square untuk mendapatkan update artikel dari saya . Thank you so much guys and see you next time. 


Komentar

  1. Samsung Galaxy Watch 3Ti HD - iTanium-arts.com
    The oakley titanium glasses Samsung Galaxy Watch 3Ti HD was a handheld video display that allows you to quickly and easily navigate the virtual world titanium aura quartz of ti 89 titanium calculator the Galaxy phone. Rating: 3 titanium coating · babylisspro nano titanium ‎1 review · ‎$269.00 · ‎In stock

    BalasHapus

Posting Komentar