Cara Buat Program Unik yang Dapat Kita Buat dengan Mudah di Turbo Pascal

Turbo Pascal adalah sebuah Perangkat lunak yang menggunakan Bahasa Pemprograman Pascal, Pascal sendiri adalah seorang nam Ilmuwan yang lahir di Perancis yang sangat mencintai Matematika. Pascal adalah Bahasa Pemprograman yang diciptakan oleh Niklaus Wirth yang bernama lengkap Niklaus Emil Wirth  pada 1968 - 1969 dan dipublikasikan pada 1970 yang populer hingga 1990 . Dengan mengambil nama ilmuwan Yaitu Blaise Pascal yang menciptakan pertama kali Mesin penghitung dan Hukum Pascal.

Turbo pascal menggunakan Emulator yang bernama MS-DOS (DOSbox). Emulator itu sendiri berguna untuk men-simulisasikan suatu sistem di sebuah sistem lain sehingga dengan adanya MS-DOS kita dapat menggunakan Turbo pascal di dalam DOSbox. Sebenarnya turbo pascal tidak dapat digunakan pada Windows 7 dan 8 32bit & 64bit . karena Turbo pascal diperuntukkan untuk Sistem Operasi Microsoft DOS ( MS-DOS)

Pascal sekarang telah tidak terlalu populer lagi, Setelah Borland yang mengembangkan Pascal dari pascal yang menciptakan 8 versi untuk Dos dan 2 untuk versi windows. dan versi terakhir adalah versi 7 (Turbo Pascal V.7). karena memang Pascal diciptakan hanya untuk Metode pembelajaran seperti Olimpiade Sains dan Matematika dan juga Niklaus sengaja menciptakannya untuk para Mahasiswa di Universitas ETH Zurich, Swiss. 

Pascal Memiliki beberapa Type data diantaranya :
Tipe DataDeskripsi (range variabel)
Byteangka dari 0 sampai 255
Integerangka dari -32768 sampai 32767
Realsemua nilai pecahan dari 1E-38 sampai 1E+38
Booleannilai TRUE atau FALSE
Charsemua karakter dari tabel ASCII
Stringsemua huruf, spasi, frasa

Selain itu para programmer bisa membuat tipe data sendiri selain tipe data standar yang ada di atas tersebut.Pascal sangat mudah digunakan diakibatkan pascal itu sendiri seperti bahasa inggris sehari-hari, sehingga mudah bagi para Programmer Muda.

Baiklah sebelum kita memulai membuat program Unik dengan Turbo Pascal sebaiknya anda harus tahu terlebih dahulu  Struktur Dasar Pascal sehingga anda dapat memahaminya dan anda juga dapat membuat program lain selain program seperti yang saya akan buat.

Bentuk dasarnya seperti ini :


Program < Judul Program > ;
uses < Daftar Unit / tipe data >;
        <Bagian Deklarasi>;
begin
<Statemen-statemen>;
end.


Berikut Cara Membuat Program Penghitung Umur Di Turbo Pascal 

  • Pertama buka turbo pascal jika belum punya silahkan kalian Download Turbo Pascal ini dan silahkan kalian instal dan jalankan. setelah itu pilih file dan dan klik new. maka akan tampil Home dari Turbo Pascal. 


  • Setelah itu mulailah buat program dengan memasukkan struktur dasar seperti yang tadi telah dijelaskan . perlu anda ketahui saat memasukan judul program jangan diberi SPASI karena program tidak membaca jika terpisah maka harus selalu digabungkan bisa gunakan garis bawah. dan juga Const adalah nilai yang tidak dapat diubah jadi disitu saya masukkan tahun_ini := 2016

  • Setelah itu lanjutkan seperti ini maka akan menjadi struktur lengkap dan akan menjadi sebuah program dan tinggal kita mengecek apakah ada yang salah atau tidak . rumus untuk menghitung Umur seperti ini umur:=tahun_ini - tahun_lahir




  • Setelah selesai silahkan kalian Compile dengan klik Compile atau tekan ALT+ F9 . jika tidak ada masalah maka akan tampil seperti berikut. 
  • Selanjutnya silahkan Run dan lihat Program anda hitung umur anda , silahkan rapikan program anda dan percantiklah sesuai keinginan anda. tekan CTRL+F9

Demikian tutorial tentang Cara Membuat program unik Di Turbo Pascal  Semoga dapat membantu menambah wawasan anda tentang salah satu bahasa pemprograman ini yaitu Pascal. silahkan Share dan Comment dan jangan lupa untuk berlangganan dengan blog saya agar sobat bisa mendapat update terbaru dari blog saya. Thank's a lot guys and see you later . 

Komentar