Apakah itu SSL dan mengapa begitu penting dalam menjaga web kita ?

HOW SSL SECURE WHEN YOU BROWSING

Source: kursus-seo

Akhir- akhir ini kita telah banyak mendengar tentang serangan cyber yang banyak menyerang instansi- instasi dan yang baru-baru ini adalah serangan terhadap telkomsel dan yang dalam serangan itu penyerang mengeluarkan pendapatnya terhadap mahalnya tarif kuota data dari telkomsel itu adalah bukti lemahnya pertahanan dari web yang diserang tersebut dan ada cela yang dapat dimanfaatkan para hacking untuk masuk .

Anda pasti bertanya-tanya apa sih itu SSL ? kalian pasti akan menebak mungkin SSL adalah gembok berwarna hijau pada saat anda browsing yang berada disebelah kanan atas yang bertuliskan Secure .
Tapi tahukah anda fungsinya.? dan untuk apa dia ada disetiap web terutama web resmi tentunya seperti Web perbankangan contohnya pada bankofamerica.com  berikut.

Apa itu SSL

Di artikel kali ini saya akan menjelaskan apa sih sebenarnya SSL itu , dan kenapa sih harus ada SSL di setiap computer saat kita browsing , akan ku jelaskan secara tuntas pada artikel ini dan rasa penasaran kalian akan terpuaskan. okey , check it out guys!

Apakah itu SSL , dan bagaimana cara kerjanya ?

Mari kita mulai dengan dasar-dasarnya : SSL adalah kepanjangan dari Secure Socket layer. 

SSL adalah penerapan standar untuk membangun hubungan yang aman dan terenkripsi antara dua titik di internet-mengatakan komputer Anda dan web server.

SSL adalah protokol keamanan yang digunakan pada hampir semua transaksi aman pada internet. Dia mengubah suatu protokol transport seperti TCP menjadi sebuah saluran komunikasi aman yang cocok untuk transaksi yang sensitif seperti Paypal, Internet Banking, dan lain-lain. Keamanan dijamin dengan menggunakan kombinasi dari kiptografi kunci publik dan kriptografi kunci simetri bersamaan dengan sebuah infrastruktur sertifikat. Sebuah sertifikat adalah sebuah kumpulan data identifikasi dalam format yang telah distandardisasi. Data tersebut digunakan dalam proses verifikasi identitas dari sebuah entitas (contohnya sebuah web server) pada internet.

Misalnya Anda ingin membuka akun dengan bank lokal Anda. Anda mendekati kasir, tetapi ia tidak mau membuka satu untuk Anda, karena dia tidak tahu Anda (dan karena akun Anda akan menjadi dasar untuk masa depan transaksi). Salah satu pilihan adalah untuk bank untuk memanggil pihak berwenang (Departemen luar negeri untuk contoh, atau jaminan sosial, atau Departemen kendaraan bermotor) karena mereka memiliki identitas Anda.

Tapi yang tampaknya menjadi membosankan, jadi dia meminta identifikasi, sebaliknya. Anda memberikan paspor Anda, yang berisi detail pribadi Anda, biometrik, dll. Ini berfungsi sebagai dokumen yang mengotentikasi identitas Anda. namun karena pasport hanya berfungsi untuk mengidentifikasi anda jadi anda tidak dapat melakukan penarikan uang anda.

Namun, karena paspor adalah dokumen identitas yang dikeluarkan oleh otoritas terpercaya (pemerintah, Departemen Luar Negeri khususnya), Anda dapat menggunakannya untuk membuka rekening, memperoleh dan kartu ATM, yang kemudian dapat Anda gunakan untuk menarik dari bank.

bagaimana cara kerja SSL
source:thenextweb

Demikian pula, skenario yang sama terjadi ketika Anda mengakses situs Web aman. Klien Anda mencari otentikasi dan identifikasi dari web server, yang menyajikan dengan sertifikat SSL. Situs web tidak hanya mengatakan "Saya bank of America"  dibutuhkan penyedia sertifikat terpercaya untuk membangun identitas ini. Ini benar-benar mengambil bentuk jabat tangan SSL, yang kembali-dan-sebagainya komunikasi untuk membangun koneksi dan identifikasi sebelum web browser benar-benar meminta informasi yang dibutuhkan.

Dan sekarang yang menjadi pertanyaan adalah , apa untungnya atau apa guna SSL ini untuk client kita.? jika anda adalah seorang blogger ini berfungsi juga untuk meningkatkan SEO sobat , kenapa ? karena google search menyukai blog yang memberikan rasa aman pada clientnya ini akan meningkatkan peringkat anda di google. 

source:pixabay

SSL merupakan hal kecil yang membantu Anda untuk mengenali sebuah website palsu dan terhindar dari penipuan internet banking maupun pencurian data-data penting lainnya. Begitu juga dengan pengunjung dan pelanggan Anda, SSL melindungi data berharga mereka agar tidak jatuh ke tangan yang salah.

SSL adalah sebuah rasa aman dan kepercayaan. Sama seperti Anda, ketika ingin melakukan transaksi melalui website bank kesayangan Anda, sebuah alamat https (beberapa juga dilengkapi green bar) dapat memberikan jaminan visual bahwa Anda sedang berada di website yang benar.

Jika ada yang bertnya apa sih sebenarnya Perbedaan HTTPS dengan HTTP ? jawabannya, Http sejatinya adalah protokol clear text, artinya semua request dan response http yang lewat tidak terenkripsi dan bisa disadap siapapun yang berminat beda dengan Https yang memberikan keamanan dengan features sertifikat keamananya sehingga di saat anda masuk disebuah web yang menggunakan https keamanan data anda terjaga. 

perbedaan Https dengan http
Source : x-cart

Sampai pada sesi ini apakah anda telah mengerti  apa itu SSL dan fungsinya pada web  bukan.? Intinya Https itu adalah http yang diberi sebuah security atau SSL sehingga menjadi https sehingga dapat memberi keamanan ke setiap client anda dan juga meningkatkan peringkat anda di google search engine optimization .

Semoga dapat bermanfaat guys, dan menambah wawasan kita terutama saya sendiri pribadi tentang SSL diatas . Silahkan share and Comment in down below , anyway thanks for coming to my website. 

Komentar