Apa itu File .DOCX, apa Perbedaannya dengan File .DOC di Microsoft Word?

Pekerja kantoran pasti tidak akan lepas dari sebuah dokument dan mengelola file menggunakan Software buatan Microsoft ini yaitu Microsoft Office Word . Seperti namanya Aplikasi ini di dedikasikan untuk para pekerja kantoran masih ada lagi jenis lainnya seperti Microsoft Office Excel yang berfungsi untuk mempermudah segala pekerjaan seperti Accountant.

Microsoft office mungkin aplikasi yang wajib bagi kita semua karena hampir semua pekerjaan dan tugas-tugas di Sekolah diharuskan pembuatan makalah dan lain dan terutama saat kita sebagai pengurus osis dan kita ingin membuat sebuah kegiatan dan membutuhkan Sponsor untuk membantu pendanaan kegiatan kita maka Office kali ini sangatlah berperan penting dalam pembuatan Proposal untuk mendapatkan kerja sama dengan beberapa perusahaan agar dapat membantu kegiatan kita .

Menurut saya sendiri jika telah Reinstal Laptop / PC kita rasanya kurang lengkap tanpa adanya Microsoft Office dalam laptop saya . Dia benar-benar aplikasi wajib dalam sebuah Laptop . Kalian juga pasti akan merasakan hal yang sama karena memang itu telah jadi kebiasaan kita menggunakan Software buatan Bill Gates tersebut.

Perbedaan .DOC Dengan .Docx
Source : difference.wiki

Tapi Pernahkah kita sadari dalam Microsoft Office Word terdapat 2 jenis File yang mungkin kadang-kadang membingungkan kita yaitu antara File .Doc dan .Docx .  dari inputnya tidak ada perubahan didalam filenya saat kita membukanya . Terdapat beberapa perbedaan di Antara mereka berdua ini dan kan saya bahas pada Artikel Kali ini .

Doc

Microsoft Word mulai menggunakan format DOC dan ekstensi file lebih dari 30 tahun yang lalu pada rilis pertama Word for MS-DOS. Sebagai ekstensi secara eksplisit untuk prosesor dokumen milik Microsoft, formatnya juga eksklusif: Word adalah satu-satunya program yang secara resmi mendukung file DOC sampai Microsoft membuka spesifikasi pada tahun 2006, setelah itu direkayasa ulang.

Ekstensi file doc adalah yang pertama digunakan oleh Microsoft dan telah menjadi yang default sampai tahun 2003, yang berjalan sampai 2006 karena tidak ada versi baru yang diperkenalkan sampai saat itu.

Ini adalah jenis ekstensi utama yang digunakan sampai versi tahun 2003, ukuran dokumen ini dulu berukuran besar dan ada banyak masalah kompatibilitas yang terkait dengan hal ini karena mereka tidak dapat mengenali perangkat lunak sejenis lainnya.

Bisa dibilang Ekstensi Doc adalah versi lama , walaupun begitu hingga sekarang mungkin kita masih menggunakannya. Ukuran dari File Doc ini bisa mencapai MB dan itu sangatlah memakan ruang meskipun itu adalah File sangatlah penting tapi kita juga harus memikirkan kondisi Komputer kita sendiri. 

DOCX

Pada tahun 2007 ketika Microsoft memperkenalkan versi baru, format lama digantikan oleh yang baru yang disebut docx. Manfaat utama dari ekstensi file ini adalah bahwa ukuran file hampir 80% lebih rendah dari versi sebelumnya yang berarti ada sedikit ruang yang dikonsumsi oleh ekstensi ini. Keuntungan lainnya adalah bahwa ini kompatibel dengan banyak perangkat lunak lain yang dapat mengenali formatnya dan bisa dibuka dengan ekstensi yang berbeda. 

Microsoft sengaja membuat Versi terbaru Doc ini dikarenakan tekanan dari meningkatnya persaingan Open Office open source dan Open Document Format (ODF) yang bersaing, Microsoft mendorong penerapan standar terbuka yang lebih luas di awal tahun 2000an. Hal ini memuncak dalam pengembangan format file DOCX, bersama dengan rekan-rekannya seperti XLSX untuk spreadsheet dan PPTX untuk presentasi.

Saya sendiri lebih suka menyimpan File Docx daripada versi lama yang dapat memakan banyak ruang. File Docx ini lebih bersahabat dengan komputer kita karena size nya tidak mencapai MB.  Jika saya bisa menyarankan gunakanlah saja Docx . 

DOCX adalah pilihan yang lebih baik untuk hampir setiap situasi. Formatnya membuat file yang lebih kecil dan ringan yang mudah dibaca dan dipindahkan. Sifat terbuka dari standar Open Office XML berarti dapat dibaca hanya dengan pengolah kata berfitur lengkap, termasuk alat online seperti Google Documents. Satu-satunya alasan untuk menggunakan format file DOC yang lebih tua sekarang adalah memulihkan beberapa file yang lebih tua dari sepuluh tahun, atau bekerja dengan pengolah kata yang sangat usang. 

Kesimpulan 

Dua istilah yang bisa dianggap serupa tapi sebenarnya berbeda satu sama lain dan yang tampak berbeda tapi mean sama bisa ada. Tapi sangat jarang, ada orang-orang yang memiliki kedua masalah tersebut. Doc dan Docx adalah mereka, dan artikel ini telah mencoba yang terbaik untuk menjelaskan perbedaan antara mereka dan membantu orang untuk mengetahui maknanya dengan benar.

Pilihan yang mana yang terbaik untuk digunakan itu adalah tergantung dari kalian sendiri semua punya pendapat masing-masing karena pada dasarnya kedua file ini adalah sama yang membedakan hanyalah Doc adalah versi lama dan Docx adah versi baru dari Doc yang tentunya lebih baik daripada sebelumnya. 


That's all guys semoga dapat bermanfaat dalam menambah wawasan mengenai Perbedaan Doc dengan Docx yang mungkin menjadi perbincangan belakangan ini . saya harap artikel ini dapat membantu teman-teman sekalian dan dapat menyelesaikan perbicangan mengenai perbedaan mereka berdua tersebut. 

Jangan lupa untuk share Artikel ini jika artikel berikut ini sangatlah bermanfaat buat kalian semuanya dan koment pada kolom komentar dibawah . Silahkan berlangganan untuk mendapatkan update terbaru Blog saya dan saya ucapkan terima kasih banyak guys and see you later. 

Komentar