Adobe menyatakan akan menghapus Adobe Flash pada 2020!

Rest in Peace Adobe
Source : Redmondpie

Setelah kemarin kita telah menerima kabar kebenaran bahwa Microsoft Paint akan dihapus dan kita sepakat bahwa Paint digantikan oleh Aplikasi yang bernama Paint 3D yang tentu saja sangat hebat dan memiliki fitur yang lebih keren daripada paint 2D .

Sekarang kita menerima kabar terbaru bahwa Adobe Flash buatan Adobe System ini akan dihentikan. Adobe telah mengatakan bahwa perusahaan tersebut akan berhenti mengupdate dan mendistribusikan Flash di akhir tahun 2020.

setelah beberapa berita yang tersebar ternyata kebenaran berita benar adanya . Adobe flash yang kita gunakan untuk bermain game online facebook dahulu ini sangatlah penting bagi kita semua tapi setelah perkembangan teknologi HTML5. Google beralih dari Flash ke HTML5 dari Akhir tahun lalu. Microsoft, Mozilla dan Apple juga menolak Dari "flash." Akhirnya, Adobe, pengembang Flash, secara resmi mengumumkan penghentian segera plug-in.

Berita ini mungkin tidak terlalu mengejutkan untuk sebagian orang  karena internet telah mulai menyusutkan jangkauan Flash yang mendukung HTML5 dan standar terbuka lainnya seperti WebGL dan WebAssembly.

Adobe bermaksud untuk menghentikan dukungan penuh Flash pada tahun 2020. Sampai saat itu, perusahaan akan terus bekerja dengan Apple, Mozilla, Microsoft dan Google untuk menawarkan pembaruan Flash di browser mereka dan mendukung versi baru Safari, Edge, Firefox dan Chrome, Tapi tidak akan ada fungsi "flash" baru lagi.

Adobe akan mendukung Flash sampai 2020 dengan mengambil bantuan mitranya termasuk Google, Apple, Facebook, Microsoft, dan Mozilla. Selain itu, mereka akan memotivasi pengembang untuk beralih membuka standar web sesegera mungkin


adobe system company
Source:Kursiv

Selain itu, orang telah mengkritik Flash karena kerentanan keamanannya, kerusakan browser, dan masa pakai baterai yang buruk dari mesin. Pada akhirnya, hal itu menyebabkan jatuhnya perangkat lunak yang telah memberikan kontribusi besar dalam mengubah internet yang kita lihat sekarang.

Sulit untuk mengatakannya, tapi jika Flash tidak ada di sana, situs web populer seperti YouTube, yang sekarang menyukai HTML5, mungkin memiliki takdir yang berbeda. Meskipun, saya tidak mengatakan bahwa hal itu tidak akan berhasil seperti sekarang ini. Demikian juga halnya dengan jumlah situs web yang menampilkan permainan berbasis Fash, video, aplikasi radio online, dan hal lainnya.

Facebook mengatakan dalam pernyataan mereka bahwa masih banyak game Flash di jejaring sosial yang membutuhkan migrasi. Mozilla juga merinci peta jalan mereka untuk transisi dari Flash.

Microsoft mengatakan bahwa pihaknya berencana untuk menonaktifkan Flash sebagai plug-in default untuk Edge dan Internet Explorer di pertengahan dan akhir 2019, dengan penghapusan penuh semua versi Windows yang didukung pada tahun 2020. Google akan terus menghapus Flash selama beberapa tahun ke depan. . Mozilla bulan depan akan memberi pengguna Firefox pilihan situs web mana yang bisa meluncurkan plug-in Flash, dan menawarkan dukungan Firefox yang disempurnakan untuk menggunakan Flash sampai 2020. Apple juga akan mendukung Flash di Safari sampai 2020.

Kesimpulan 

Adobe System akan terus menemani adobe flash hingga tahun 2020. Sebagai plug in adobe flash sangatlah berkontribusi dalam pengembangan internet mungkin tanpa flash kita takkan bisa memainkan game facebook online dan masih banyak lagi game online seperti FRIV tidak akan bisa kita mainkan tanpa menggunakan adobe flash terlebih dahulu.

Tetapi, karena perkembangan teknologi ini tidak dapat dihentikan maka mau tidak mau adobe flash harus menyusut penggunanya bahkan Google mencatat bahwa hanya 17% pengguna mengunjungi web yang berbasis flash sedangkan data 3 tahun lalu terdapat 80% pengguna.

Perkembangan adobe flash memang telah diramalkan akan merosot penggunanya dan ternyata itu benar pengguna yang mengguna adobe flash sangatlah menurun drastis sejak berkembangnya HTML5.



That's all guys . kabar yang sangat menyedihkan di dunia internet. Adobe flash yang telah mengubah secara drastis dunia internet akan dihapus pada tahun 2020 mungkin saja pada 31 Desember. Adobe flash benar-benar telah menemani kita sejak lama dan tanpanya segala permainan masa kecil kita yang berbasis flash tidak dapat dimainkan.

Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua dalam menambah wawasan kita semua dan membuka mata kita seberapa cepatnya teknologi terus berkembang setiap menitnya maka kita sebagai pengguna maupun para developer harus menerimanya dan menjalaninya. Teknologi tidak akan diam dia akan terus berputar hingga akhir peradaban.

jangan lupa share dan koment pada kolom komentar tentang pendapat kalian terhadap berita ini. Thank you so much guys and see you later.


Komentar