6 Sertifikasi Mikrotik Yang Berguna untuk Masa Depan

Sertifikasi Mikrotik siapa yang tidak mau memiliki sertifikat bertaraf international semua pasti mau dan berusaha keras untuk mendapatkannya. Dalam dunia IT terdapat banyak sertifikasi yang bertaraf international jika kita memiliki semuanya atau salah satunya sertifikasi itu tidak mungkin perusahaan menjadikan lamaran kita menjadi pembungkus kacang saja apalagi disertai dengan nilai TOEFL dan IELTS yang tinggi perusahaan yang mencari kamu bukan kamu yang mencarinya.

Tentu saja mendapatkan sertifikasi itu tidak mudah untuk mendapatkannya kita harus menjalani tesnya. "Ada tesnya.? " yaiyalah !! , kalau kalian punya dunia ini jadi presiden pun kita bisa dengan mudah jadi presiden tapi kita ini hanyalah manusia biasa yang harus berikhtiar sekeras mungkin bagaimana pun caranya tapi harus tetap halal.

Sertifikasi Mikrotik


Jika kalian ingin tahu ijazah kalian itu termasuk sertifikasi tapi itu umum, tapi dengan memiliki sertifikasi sesuai bidang kita yang miliki kita dapat memiliki posisi yang lebih tinggi daripada yang hanya memiliki ijazah. Dalam dunia IT perusahaan yang membuat sertifikasi itu adalah Tentu saja Microsoft , Perusahaan yang didirikan oleh Bill gates ini adalah salah satu pembuat sertifikasi Taraf International di dunia IT selain Microsoft masih ada lagi salah satunya Cisco.

Mikrotik sendiri memilki 6 tingkatan sertifikasi , dan akan saya bahas di artikel ini secara tuntas dan sedalam-dalamnya untuk kalian yang terjun di dunia IT silahkan kalian kejar 6 sertifikasi ini dan jadilah seorang IT yang bermartabat dan dapat di andalkan kapan pun dan dimana pun. Mari kita simak bersama.

1. MTCNA ( Mikrotik Certified Network Associate )

Sertifikasi Mikrotik
MTCNA ini adalah tingkatan paling dasar , kalian harus menyelesaikannya jika kalian ini lanjut dan mendapat sertifikasi Mikrotik yang lainnya pada kelas ini kalian harus mengetahui paling tidak semua fitur pada mikrotik namun tidak mendalam. Hal yang wajib kalian ketahui sebelum mengikuti kelas dan ujian MTCNA adalah kalian wajib memiliki dasar tentang TCP/IP yang merupakan gabungan dari protokol TCP (Transmission Control Protocol) dan IP (Internet Protocol) sebagai sekelompok protokol yang mengatur komunikasi data dalam proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan internet yang akan memastikan pengiriman data sampai ke alamat yang dituju.dan kalian juga harus tahu cara mengkoneksikan mikrotik juga mengerti tentang teknik troubleshoot dan tools MikroTik.

2. MTCRE ( Mikrotik Certified Routing Engineer )

Sertifikasi Mikrotik
MTCRE adalah tingkatan kedua , dan pada tingkat ini sudah disebut mahir pada bagian ini kalian sudah harus tahu cara routing dan switching bekerja. Pengetahuan dasar tentang Routing/Switching sangat diperlukan sebelum mengikuti kelas ini kalian harus tahu static routing secara teori dan praktek , Multiple gateway , konsep routing dinamis , dasar dan cara konfigurasi OSPF (Open Shortest Path First) adalah sebuah routing protokol standar terbuka yang telah di implementasikan oleh sejumlah besar vendor jaringan.

3. MTCTCE (MikroTIk Certified Traffic Control Class)

Sertifikasi Mikrotik
MTCTCE adalah kelas yang ditujukan untuk perusahaan. Pada kelas ini akan membahas tentang Firewall dan QoS (limitasi bandwidth) dengan sangat mendalam sehingga peserta dapat memanipulasi paket yang ada di dalam router. Kelas ini tergolong sebagai kelas tersulit dalalm jajaran kelas MikroTik . sertifikasi ini sangatlah berguna karena dengan ini kalian sudah pasti diterima dimanapun perusahaan yang kalian inginkan dan juga kalian akan dididik menjadi seorang yang siap kerja. hal yang terpenting dalam sertifikasi ini adalah kalian harus tahu web proxy dan dampaknya juga konsep QoS dan tipe-tipenya , dasar-dasar Firewall dan cara konfigurasinya.


4. MTCUME ( Mikrotik Certified User Management )


Sertifikasi Mikrotik


MTCUME sesuai namanya kita akan mengatur pengguna user dan memberi radius dan batas penggunaannya pada sebuah hotspot. Untuk mendapatkannya tentu saja kalian harus tahu Hotspot tingkat mahir, PTP Tunnel merupakan protokol jaringan yang merubah paket PPP menjadi IP datagram agar dapat ditransmisikan melalui intenet. IP Security dan konsep radius.

5. MTCWE ( Mikrotik Certified Wireless Engineer )


Sertifikasi Mikrotik


MTCWE pada tingkat ini kalian sebenarnya sudah disebut Network engineer tingkat international yang bisa saja perusahaan besar seperti google akan menerima sobat-sobat. Pada tingkat ini kalian harus tahu tentang metode nirkabel secara mahir dan penerapannya pada Mikrotik kalian juga harus mengetahui konfigurasi PTP , mengamankan koneksi pada wireless agar terlindung dari serangan dasar-dasar WDS  dan MESH yang berarti ukuran dari jumlah lubang suatu jaring atau kasa pada luasan 1 inch persegi jaring/kasa yang bisa dilalui oleh material padat kalian juga harus ketahui.


6. MTCINE ( Mikrotik Certified Inter Networking Engineer )


Sertifikasi Mikrotik

MTCINE adalah sertifikasi tertinggi, dan pada tahap ini kalian sudah resmi menjadi Network Engineer pada tahap ini kalian hanya perlu mengetahui BGP ( Border Gateway Protocol ) inti dari protokol routing Internet, yang melakukan pertukaran informasi routing antar jaringan . Protocol ini yang menjadi backbone dari jaringan Internet dunia dan Ia bekerja dengan cara memetakan sebuah tabel IP network yang menunjuk ke jaringan yg dapat dicapai antar Autonomous System (AS). Dan juga kalian harus tahu dengan MPLS ( Multiprotocol Label Switching ) adalah teknologi penyampaian paket pada jaringan backbone berkecepatan tinggi yang prinsip kerjanya menggabungkan kecepatan switching pada layer 2 dengan kemampuan routing dan skalabilitas pada layer 3.



Nahh, itulah tadi 6 sertifikasi Mikrotik sesuai tingkatannya yang mudah-mudahan dapat berguna dan menambah wawasan kita semua . Saya berharap kita semua yang bekerja di dunia IT bisa mendapatkan salah satu dari Sertifikasi tersebut yang dapat menaikkan kualitas hidup kita semua .

Jangan lupa untuk share, dan Comment yang mana menurut kalian salah satu dari ke enam Sertifikasi diatas yang menjadi favorit kalian . thank you so much guys and see you next time.

Komentar