5 Teknologi yang anak-anak telah tidak tahu cara menggunakannya

Pada masa ini siapa sih yang tidak menggunakan teknologi dalam hidupnya ? , contohnya saja yang sering kita temukan adalah Smartphone android kita . Dia telah menjadi bagian dari hidup kita , dia sangat membantu kita dalam segala pekerjaan kita, mulai dari mencari informasi mengerjakan tugas chatting dengan teman-teman dan msaih banyak lagi yang dapat kita gunakan dengan teknologi tersebut .

Hadirnya teknologi ini benar-benar merubah kehidupan kita semua entah bagaimana kehidupan kita ini tanpa teknologi semua akan terasa sulit mencari informasi pun kita harus sulit-sulit untuk mencari koran ataupun buku. Sekarang kita hanya buka Laptop kita open google search dan ketikkan informasi yang ingin kita cari tahu dan semuanya akan muncul.

Technologies
Source : Pixabay

Teknologi akan terus hadir sesuai generasi , akan terus hadir teknologi baru dan menggantikan teknologi yang ada saat ini. contohnya yang akan hadir sebentar lagi adalah laptop yang cocok dengan saku celana kita dan bisa kita kemana-kemana tentu saja laptop itu sangat Flexible dan kerjaan kita pun bisa kita kerjakan kapan saja dan perlu membawa tas lagi . 

Teknologi orang dulu yang sekarang telah jarang ditemukan dan menjadi sebuah sejarah yang takkan terlupakan tapi mungkin anak-anak jaman sekarang akan lupa dan bahkan tidak tahu cara menggunakannya mungkin mereka akan bertanya " Apa guna dari alat ini dan bagaiamana cara mnggunakannya .? " . 

Walaupun begitu , Bagi orang dulu yang menggunakan teknologi jadul tersebut sangatlah berharga bagi mereka bagaimana tidak .? tanpa teknologi yang dulu tersebut teknologi sekarang mungkin tidak ada. Contohnya saja Keyboard Computer yang kita gunakan sekarang adalah re-generasi dari mesin ketik . Alat itu sangatlah populer pada jaman dulu, semua kantor memerlukannya untuk membuat sebuah document seperti halnya file Word yang masih kita gunakan hingga saat ini. 

Tapi tahukah kalian ada beberapa yang menurut survei saya anak-anak jaman sekarang mungkin telah tidak kenal dan tidak tahu cara menggunakan Teknologi jaman dulu . Pada Artikel ini akan saya berikan 5 Teknologi yang anak-anak telah tidak tahu cara menggunakannya

1. Kaset Tape 


5 Teknologi yang anak-anak telah tidak tahu cara menggunakannya
Source: Pixabay

Mungkin kita yang lahir pada tahun 90 kebawah apa ini, tapi anak-anak mungkin hanya mengambil tali-tali tipis yang berwarna hitam tersebut dan memainkannya. Tapi tahukah kalian Anak-anak jaman dulu tumbuh besar dan menghabiskan hari-harinya bersama kaset ini. kaset penggunaanya ialah hanya bermodalkan sebuah Radio tua yang memiliki Slot untuk memainkan musik yang terdapat dalam kaset tape tersebut. 

Bagian toko CD toko telah menyusut jauh, dan banyak anak-anak tidak pernah melihat sebuah kaset. Bekerja dengan lama kaset lama menantang bagi mereka: mereka harus mencari cara untuk menyisipkan rekaman di sisi kanan untuk mendapatkan yang mereka ingin dengar lagu yang mereka sukai , sesuatu yang Anda bahkan tidak harus berpikir tentang dengan CD atau musik digital yang memungkinkan Anda untuk melompat tepat ke lagu Anda ingin bermain. 

Dengan pita, pergi dari satu lagu ke lagu yang lain biasanya memerlukan penerusan cepat atau dengan memutarnya dan sering berulang kali berhenti, kita kerap kali memukul agar musiknya bermain lagi dan mendengarkannya sampai Anda sampai pada titik yang tepat pada tape / musik yang tepat. 

Hanya memiliki akses ke lagu-lagu pada satu  kaset tape  pada waktu tertentu.  Jauh dari situasi saat ini, ketika ratusan atau ribuan lagu dapat langsung diakses pada perangkat mobile, dengan setiap musik lainnya yang tersedia melalui Internet.


2. Dial-up Modems


5 Teknologi yang anak-anak telah tidak tahu cara menggunakannya
Source:Pixabay

Dengan kecepatan tinggi Internet umum di kebanyakan rumah, keinginan untuk mengakses internet adalah sebagian besar urusan instan dan diam (mudah). Tapi sebelum banyak dari anak-anak hari ini dilahirkan, orang-orang yang tidak terhubung harus mengambil beberapa langkah mendapatkan komputer ke Internet. Dibutuhkan panggilan ke ISP (Internet Service Provider) menggunakan nomor telepon melalui eksternal (lalu kemudian internal) modem dial-up . 

Menggunakan model dial-up ini sangatlah ribut karena kadang-kadang akan ada suara telepon masuk yang sangat mengganggu tapi saat telepon masuk telah masuk barulah bisa kita bisa menggunakannya karena pada saat telepon berbunyi itu pertanda sinyal digital telah masuk melalui saluran telepon tersebut. Anak jaman-jaman sekarang mungkin hanya menganggap Modem Dial-up itu mengganggu dan tidak tahu fungsi dari alat ini, yang sebenarnya membuat mereka bisa berinternet ria.  

Dijaman sekarang kita hanya menggunakan perangkat seluler dan WiFi-enabled komputer modern yang dapat mendeteksi setiap jaringan WiFi  lokal secara otomatis. Anda hanya harus memilih jaringan yang Anda inginkan untuk terhubung (seperti jaringan WiFi rumah Anda), ketik sandi dan BOOM!, Anda akan bisa pergi dan berjalan-jalan sambil mengakses internet, hanya perlu membuka browser dan surfing Internet, atau pergi ke built-in app menyimpan dan men-download perangkat lunak dan hiburan media yang anda sukai. 

3. CD and DVD Software Media

5 Teknologi yang anak-anak telah tidak tahu cara menggunakannya
Source : lifewire

Mungkin pada saat mungkin kita masih menemukan alat ini , tapi telah jarang digunakan . dulu tepatnya pada tahun 80-an semua data yang ingin kita simpan semuanya dikemas kedalam sebuah Floppy Disk dan terus berkembang dan kapasitasnya pun meningkat menjadi sebuah CD ROM dan DVD ROM. 

CD dan DVD ini dulunya sangat populer dan bahkan masih populer tapi tidak sepopuler jaman dulu , CD ini memiliki kapasitas hingga 600MB dulu itu sudah sangat besar untuk bisa disebut media penyimpanan data . 

Anak jaman sekarang hanya berfikir itu adalah media penyimpanan yang sedikit dan hanya digunakan untuk media penginstalan ( Bootable ) karena sekararang telah berkembang teknologi yang memungkinkan kita menyimpan data hingga 32GB yang disebut Flashdisk . 

Perbedaan antara CD ROM dan flashdisk adalah bukan hanya dari segi kapasitasnya tapi perbedaan yang paling mencolok adalah cara penggunaannya . Flashdisk penggunaannya sangatlah simple hanya perlu memasukkan flashdisk pada Port USB sedangkan CD/DVD memerlukan CD Drive . Tidak semua laptop memiliki CD drive tapi kalau Port USB semua laptop memilikinya itulah perbedaannya. 

Seiirng dengan perkembangannya Jaman ini kita tidak memelukan Media Flashdisk ataupun CD, Karena ada teknologi yang disebut Cloud Storage . Hanya memerlukan jaringan internet kita sudah bisa mengolah data kita Contoh layanan Cloud Storage yang terpopuler adalah  Google Drive.

4. The Original iPod

5 Teknologi yang anak-anak telah tidak tahu cara menggunakannya
Source:digitaltrends

Original Ipod Rilis pada 2001 , Ipod adalah sebuah pemutar musik digital dengan layar monokrom. Dibutuhkan sebuah headphone untuk menggunakannya karena Ipod tidak memiliki sebuah speaker system yang dapat mengeluarkan suara langsung dari sebuah perangkat tapi karena Ipod tidak memilikinya kita harus menggunakan sebuah headphone atau apapun perangkat yang dapat mengeluarkan suara contohnya LoudSpeaker. 

Ipod itu tidak layar sentuh , kita menggunakan tombol yang tersedia pada Ipod tersebut untuk menggunakannya dan alat ini dan Anda bahkan tidak dapat membeli dan memuat lagu-lagu dari Internet dari perangkat itu sendiri. Anda harus secara fisik terhubung ke komputer Anda melalui kabel untuk men-download konten baru. 

Seperti banyak perangkat yang ketinggalan zaman, mereka besar dan kikuk menurut standar sekarang. Mereka tidak intuitif untuk menavigasi dan tidak hampir sama sebagai yang lebih baru perangkat mobile. IPod telah berubah sejak menjadi iPod Touch, yang merupakan sebuah tablet mini yang penuh dengan konektivitas nirkabel yang dapat memutar musik, film, Permainan, dan banyak lagi. 


5. Film Cameras


5 Teknologi yang anak-anak telah tidak tahu cara menggunakannya
Source: Pixabay


Dan yang terakhir adalah Teknologi dalam dunia Photography. Sebuah Kamera yang dulunya sangatlah populer ini tergantikan dengan beberapa perkembangan kamera yang memiliki resolusi yang sangat tinggi contohnya seperti Kamera DSLR  atau biasa disebut Digital Single Lens Reflex.

Penjualan tertinggi dari Kamera Film ini adalah pada 2003 bagaimana tidak , sebelum adanya kamera Digital SLR hasil dari kamera film ini fungsinya sama seperti hasil foto yang kita gunakan saat ini yang berlatar biru ataupun merah  bedanya hanya dari segi warnanya saja kamera film hasilnya lebih ke bentuk Monokrom. 

Anak jaman sekarang akan menganggap hasil jepretan kamera film ini seperti hal yang baru dan unik mungkin Mereka akan mengatakan " seram banget sih fotonya. " beda dengan sekarang yang bahkan Smartphone juga sudah memiliki kamera yang beresolusi sangat tinggi tidak memerlukan kamera digital lagi.



Bagaimana tentang 5 Teknologi yang anak-anak telah tidak tahu cara menggunakannya. Semoga dapat menambah wawasan kalian tentang Technology jaman dulu di atas , sebenarnya masih banyak technology yang belum saya sebutkan pada artikel ini tapi pada dasarnya artikel diatas mewakili semua technology jaman dulu yang mungkin telah terlupakan oleh anak-anak jaman sekarang ini. 

Seperti yang telah saya ucapkan , Perkembangan teknologi ini tidak dapat kita hentikan Technology akan terus berkembang dan akan semakin canggih kita hanya perlu menerimanya . Kita sebagai pemuda yang telah termakan teknologi jangan hanya bisa menggunakan saja Kita pun harus bisa berpartisipasi dalam mengembangkan teknologi jangan diam terus kembangkan bakat kita bersamakita hadapi perkembangan tersebut.

Silahkan  Share dan Comment pada kolom komentar dibawah tentang pendapat kalian terhadap teknologi jaman dulu . Thank you so much guys and see you next time guys.

Komentar